Jumat, 25 Mei 2012

6 Menteri Berkunjung ke Krayan Kabupaten Nunukan

KSAD dan 6 Menteri Buka Operasi Perbatasan Kaltim
Tribun Kaltim - Jumat, 25 Mei 2012 16:55 WITA
KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo direncakanan datang bersama Menteri Dalam Negeri, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Kehutanan, Menteri ESDM, Menteri Sosial dan Menteri Perumahan Rakyat untuk membuka  Operasi Bakti Kartika Jaya

"Pembukaan direncanakan tanggal 28 Mei 2012 di Long Bawan, Nunukan," kata Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subekti, Jumat (25/5/2012.

Ia mengatakan, dengan bandara dan jalan pendukung yang baik, akses keluar dan masuk perbatasan akan semakin baik. Secara langsung, ketersediaan bahan pokok tidak lagi bergantung pada negara tetangga Malaysia. "Harga sembako diharapkan juga akan relatif sama dengan daerah lain di Kaltim," ujarnya.

Sebelumnya, Subekti bersama Staf Ahli Gubernur Kaltim bidang Polititik, Hukum dan Keamanan, Kolonel Arm Yudha Pratama, menyaksikan penandatangan perjanjian kerjasama yang dilakukan Direktur Zeni Angkatan Darat Brigjen TNI Zainal Arifin dan Kepala Dishub Kaltim Zairin Zain.

Kolonel Arm Yudha Pratama yang membacakan sambutan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, mengatakan, penandatangan itu adalah tindak lanjut penandatanganan kesepakatan bersama No.119/1309/BPPWK.A/2012 dan No: Kerma/1/III/2012 antara Pemprov Kaltim dengan TNI AD di Jakarta, tanggal 8 Maret 2012. Kesepakatan bersama itu ditandatangani Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak dan KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo.
Bandara Long Bawan, Krayan, Dipenuhi TNI
IMG01771-20120525-1439.jpg
Sejumlah anggota TNI, Jumat (25/5/2012) mempersiapkan tempat pelaksanaan Pembukaan Operasi Bhakti Kartika Jaya, di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Kecamatan Krayan.
Tribun Kaltim - Jumat, 25 Mei 2012 18:34 WITA
NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Puluhan anggota TNI, Jumat (25/5/2012) tampak sibuk di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Kecamatan Krayan.
Mereka sedang mempersiapkan upacara pembukaan Operasi Bhakti Kartika Jaya, yang berlangsung Senin (28/5/2012) mendatang.

Selain mempersiapkan kendaraan dan alat berat serta mendirikan tenda pelaksanaan upacara, adapula yang sibuk menyiapkan terminal bandara untuk dijadikan tempat pemaparan rencana pelaksanaan operasi. Sebagian diantaranya mengangkat peralatan yang dibutuhkan saat pelaksanaan upacara nanti.

Kegiatan itu akan dibuka Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (TNI) Pramono Edhie Wibowo, serta dihadiri Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Menteri Pekerjaan Umum Joko Kirmanto.

Secara umum, pelaksanaan operasi bhakti di Krayan yang difokuskan di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, meliputi pengurangan rawa +over run +resa, perpanjangan landasan pacu dan turning area 100 x 30 meter,  rekonstruksi dan pelebaran landasan exis ing 893 x 30 meter, pemantapan shulder, overlaxy taxi way eksisting, dan pembuatan saluran drainase.
Kodam VI Mulawarman Mobilisasi Wartawan ke Krayan
helikopter_tni.jpg
Helikopter M-17 milik TNI yang mengangkut rombongan wartawan dan personil TNI, Jumat (25/5/2012) saat tiba di Long Bawan
Tribun Kaltim - Jumat, 25 Mei 2012 15:44 WITA
Meskipun pelaksanaan Operasi Bhakti Kartika Jaya baru akan dibuka, Senin (28/5/2012) oleh  Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal (TNI) Pramono Edhie Wibowo, namun Kodam VI/Mulawarman, Jumat (25/5/2012) hari ini sudah memobilisasi para wartawan yang akan meliput pembukaan kegiatan yang juga dihadiri Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

Dengan didampingi Kapendam VI Mulawarman Letkol Inf Legowo, wartawan yang terdiri dari Tribun Kaltim, Balikpapan TV, RRI, Tarakan TV dan Radar Tarakan, berangkat menggunakan helikopter M-17 milik TNI AD sekitar pukul 13.30 dari Bandara Juwata Tarakan menuju ke Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Kecamatan Krayan, Kabupaten Nunukan. Butuh waktu selama sekitar satu jam menempuh perjalanan bersama para perwira Kodam V/Mulawarman dan Kodim di wilayah utara Kaltim.

Dalam sehari, helikopter milik TNI ini bisa tiga kali bolak balik Long Bawan-Tarakan, untuk mengangkut personil TNI termasuk peralatan yang dibutuhkan saat pembukaan kegiatan ini. Mobilisasi sudah berlangsung selama tiga hari.

Long Bawan, Kecamatan Krayan, hanya bisa dijangkau dengan menggunakan angkutan udara dari Tarakan maupun ibukota Kabupaten Nunukan.

Pagi Ini Gladi Pembukaan Ops Bhakti TNI di Krayan
Tribun Kaltim - Sabtu, 26 Mei 2012 09:02 WITA

gladi.jpg
tribun kaltim/niko ruru
Sejak pukul 06.30 para personil TNI sudah tampak berada di apron bandara yang akan digunakan sebaga tempat pelaksanaan upacara.
 
NUNUKAN,tribunkaltim.co.id- Komandan Kodim 0911/Nunukan Letkol Herry Setya, Sabtu (26/5/2012) sekitar pukul 07.30 memberikan pengarahan kepada para prajurit TNI di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Kecamatan Krayan. Para prajurit diperintahkan untuk untuk melengkapi kebutuhan upacara termasuk membersihkan rumput yang berada di sekitar areal upacara.

Persiapan pelaksanaan upacara terus dilakukan, untuk pembukaan Operasi Bhakti TNI-AD Kartika Jaya, yang akan dibuka Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI  Pramono Edhie Wibowo, Senin (28/5/2012).

Pagi ini, digelar gladi upacara pembukaan. Sejak pukul 06.30 para personil TNI sudah tampak berada di apron bandara yang akan digunakan sebaga tempat pelaksanaan upacara.

Kapendam VI Mulawarman Letkol Inf Legowo kepada wartawan menjelaskan, hari ini dilaksanakan gladi bersih pelaksanaan pembukaan kegiatan dimaksud.

"Besok sudah clear area. Tidak boleh ada lagi kegiatan di sini," ujarnya.
Ia menjelaskan, setelah pelaksanaan upacara Senin nanti, wartawan akan diberikan kesempatan untuk mewawancarai KSAD.

"Nanti setelah pembukaan, sebelum peletakan batu pertama pembangunan bandara, wartawan akan diberikan kesempatan untuk wawancara," ujarnya, Sabtu (26/5/2012) pagi ini.


BERITA FOTO: Alat Berat TNI di Long Bawan-Nunukan
Tribun Kaltim - Sabtu, 26 Mei 2012 10:06 WITA
 
 

alat_berat_TNI_NIKO_RURU.jpg
tribun kaltim/niko ruru
 
NUNUKAN, tribunkaltim.co.id - Sejumlah dump truck dan alat berat, Sabtu (26/5/2012) terparkir di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, Kecamatan Krayan. Alat berat ini akan digunakan untuk pelaksanaan Operasi Bhakti TNI-AD Kartika Jaya.

Pelaksanaan operasi bhakti di Krayan yang difokuskan di Bandara Yuvai Semaring, Long Bawan, meliputi pengurangan rawa +over run +resa, perpanjangan landasan pacu dan turning area 100 x 30 meter,  rekonstruksi dan pelebaran landasan existing 893 x 30 meter, pemantapan shoulder, overlay taxiway existing, dan pembuatan saluran drainase.

Penulis : Niko Ruru
Editor : Fransina

Sumber : Tribun Kaltim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tanah Surga Katanya

Nunukan


Lihat Kabupaten Nunukan di peta yang lebih besar